Thursday, August 4, 2016

Perbedaan Boss dan Leader

  • Use people vs Developes people : Seorang boss biasanya hanya memanfaatkan sumber daya manusia yang ada, sedangkan seorang leader akan membantu mengembangkan kemampuan sumber daya manusia yang sudah ada.
  •  Inspires fear vs earns Respect : Seorang boss akan membuat anggotanya merasa takut dengannya, sedangkan seorang leader menumbuhkan rasa hormat untuknya pada anggota-anggotanya.
  • Takes credit vs gives credit : Seorang boss hanya akan memikirkan pujian terhadap dirinya sendiri, sedangkan seorang leader justru memberi pujian dan dukungan pada anggotanya.
  • Micromanages vs delegates : seorang boss hanya mengetahui cara menyelesaikan masalahnya tanpa memberi tahu anggotanya, sedangkan seorang leader akan memberi petunjuk bagaimana cara menyelesaikan masalah pada anggota-anggotanya.
  • Says go vs says let’s go : seorang boss hanya menyuruh anggotanya melakukan sesuatu tanpa ikut campur tangan, sedangkan seorang leader akan bersama-sama melakukan sesuatu bersama anggota-anggotanya.
  •  Is your boss vs is your colleage : boss merasa ingin dihormati sebagai pemimpin anggota-anggotanya, sedangkan seorang leader lebih menjalin rasa kebersamaan yang ada bersama anggota-anggotanya.
  • Focused on process vs focused on people : boss lebih fokus terhadap pekerjaan yang dilakukan anggota-anggotanya, jika pekerjaannnya jelek maka seorang boss tidak akan menyukai anggotanya. Sedangkan seorang leader fokus terhadap para anggotanya, jika salah satu anggota salah dalam melakukan pekerjaan, leader tidak serta merta menyalahkannya dan memarahinya, justru ia akan membantunya melakukan pekerjaan dengan benar.
  • Comparrasional vs impersonal : seorang boss hanya bisa menyalahkan anggotanya yang berbuat salah tanpa memberi solusi, seorang leader justru akan bersama-sama memperbaiki kesalahan yang terjadi dalam pekerjaan mereka.
  • Says I vs says we : seorang boss merasa punya kuasa sehingga menggunakan kata saya dalam memberi instruksi, sedangkan seorang leader merasa pekerjaan yang harusnya dikerjakan merupakan pekerjaan bersama, sehingga ia menggunakan kata kami.

Dari penjelasan tersebut,jelas aku lebih memilih pribadi seorang leader dibanding pribadi seorang boss. Karena sudah jelas seorang pemimpin merupakan panutan yang sangat baik bagi anggotanya. Ia turut mendukung kemajuan anggota-anggotanya. Ia tidak hanya memikirkan dirinya sendiri. Sehingga seorang leader akan lebih mampu memimpin perusahaan untuk menjadi lebih maju dibanding seorang boss, karena para anggotanya akan lebih senang dengan pribadi seorang leader dibanding seorang boss, karena seorang leader mengajak untuk maju bersama-sama.



No comments: