Tuesday, July 12, 2016

Kirain Tes TOEFl, Ternyata TOEIC

Hai..

Aku mau cerita soal tes TOEFL ni.

Aku baru pertama kali ikut tes TOEFL. Untuk aku yang baru pertama kali tes, jujur susah banget. Banyak banget vocabulary yang aku ga tau. Apalagi pas listening section, banyak banget yang ga bisa aku tangkep ke telinga aku, apalagi dicerna ke otak. Aku ngerasa banyak banget yang aku kerjain asal-asalan. Berasa lagi ujian bahasa alien tau gak. Ga tau lah gimana nilainya, ga kepikiran soal skornya. Yang penting pingin cepet kelar ujian aja.

Entahlah kenapa bisa kayak gitu. Itu kali pertama aku ga suka sama ujian bahasa Inggris. Jujur aku suka pelajaran soal bahasa. Apalagi bahasa Inggris. Karena belajarnya udah dari TK, jadi menurut aku sendiri, pelajaran bahasa inggris ga begitu menakutkan. Makanya, setiap ada ujian aku jarang banget belajar. Akhirnya gitu deh hasilnya, waktu tes TOEFL aku bener-bener ga ada ide caranya nyelesein ujian dengan cepat dan tepat. Entah karena emang susah, atau aku yang sok-sok an ga belajar, atau karena emang udah lama banget ga ujian soal bahasa Inggris sejak semester satu.

Jadi tes TOEFL itu ada tiga section kalo aku ga salah inget. Pertama listening section, fil the blank section- haha sebenernya aku ga tau namanya, asal aja- , dan reading section.

Di listening section, kayak yang udah aku jelasin tadi, aku bener-bener kesusahan. Ngerasa ga nangkep kata apa-apa. Dan ga ada pengulangan. Jadi kita harus nginget-nginget apa yang dibaca, dan kita juga harus langsung memperkirakan jawabannya. Boro-boro mikirin jawaban, soalnya apa aja ga inget haha, boro-boro inget, ngerti yang dibaca aja engga wkwk. Ya begitulah kenyatannya.

Lalu masuk ke, fill the blank section-yang aku namain sendiri-, di sini aku juga kesusahan. Banyak banget kata-kata yang baru aku denger. I really have no idea what are those all about. Tsaaahhhhhhh.... sok-sok an pake bahasa Inggris. Padahal lagi bahas kesusahan tes TOEFL ckck. Kalo di section  ini jujur kesalahan aku juga yang ga belajar. Udah tau lama ga ujian, sok-sok an ga belajar. Di section ini banyak soal tentang grammar. Karena udah lama ga latian, ya banyak lupanya. Jadi aku perlu baca soal berulang-ulang dan inibener-bener wasting time . Jangan dicontoh ya..

Yang terakhir reading section. Ini sangat makan waktu. Bacaan yang harus dibaca itu berlembar-lembar. Jawaban nya pun ga kalah panjang. Satu bacaan bisa untuk lima samapi tujuh soal. Dan jawaban tiap choice bisa separagrah gitu. Bayangin deh. Kira-kira gini. Bacaan sepuluh paragraf, soal satu paragraf, per soal choice nya lima, per choice satu paragraf. Pusing ga sih.

Ah sudahlah. Pokoknya itu pengalaman buat cukup tau aja. Jangan sampe keulang. Setelah tes, skor yang aku dapetin ga sesuai target sih. Tapi mungkin ga terlalu buruk-- sok optimis haha. Skor pertama aku 500. Target aku 550. Karena katanya itu standar buat pergi ke luar negeri haha. Dan ternyata ya, yang aku ikutin itu juga bukan TOEFL, tapi TOEIC. Aku ga terlalu paham sih. Katanya sih TOEIC standarnya lebih tinggi. Berarti skor aku bener-bener rendah L huhu sudahlah. Harusnya aku belajar. Jangan seperti itu lagi Fika. Ya. Ya.

Sudah dulu ya..

Dadah..

Titik dua bintang.


No comments: