Thursday, July 14, 2016

Haruskah Bisa Masak?

Kenapa wanita harus bisa masak?

Iya bener. Wanita pada umumnya dituntut untuk bisa masak. Karena kodratnya begitu katanya. Wanita kelak akan menjadi seorang istri. Seorang istri yang baik harus bisa membahagiakan suaminya. Salah satunya makan masakan istri sendiri.

Waktu kita kecil , pasti bisa dibilang koki terbaik ya ibu. Suatu saat, seorang wanita akan jadi ibu buat anak-anaknya. Suatu saat, seorang wanita akan menjadi koki terbaik bagi anak-anaknya. Entah gimana sejarahnya, yang pasti beginilah adanya.

Aku masih bingung. Kenapa kebanyakan orang menganggap memasak itu adalah tugas seorang wanita. Padahal profesional cook, kebanyakan adalah seorang laki-laki. Mungkin karena katanya laki-laki itu masak pake pikiran, kalo wanita masak pake perasaan. Makanya biar lebih profesioanl, masakan kebanyakan harus dimasak pake pikiran bukan perasaan, biar ga berubah-ubah rasanya. Tapi yang dimasak pake hati yang senang pasti jauh lebih enak dibanding yang dimasak pake pikiran. Mungkin ini alasannya wanita harus bisa masak.

Jujur, sebagai seorang perempuan yang kelak akan menjadi wanita, aku masih belum bisa dibilang bisa masak. Masakannya yang paling rumit sejauh ini adalah udang goreng tepung, nasi goreng. Itu mah masih level ringan buat kebanyakan orang. Malu sih. Cuma gimana ya, emang males aja. Bukan ga suka. Aku suka kok bantu-bantu masak. Tapi kalo bener-bener masak dari awal, aku jarang.

Ngapalin resep itu susah banget. Tapi kalo baca resep, aku yakin sih pasti langsung bisa. Asal sesuai aja semuanya sama resep, pasti jadi. Aku lebih suka masak kue, roti, dan sebagainya dibanding masak makanan besar. Karena menutur aku itu lebih asik aja. Lebih menarik. Tapi ya harusnya ga boleh milih-milih. Sebagai seorang perempuan, kita harus bisa memasak, bukan buat orang lain, tapi buat kita sendiri juga.

Kenapa gitu?

Kita ga bisa terus-terusan bergantung sama orang lain untuk masakin kita. Kita juga ga bisa terus-terusan jajan di luar, karena boros, belum tentu sehat, dan lain-lain. Kita juga ga bisa terus-terusan makan makanan instan, karena ya ga sehat pastinya. Sampe sekarang, itu sih yang menurut aku yang jadi alasan kenapa wanita harus bisa masak.

Buat aku, emang penting sih bisa masak itu. Tapi kalo aku belum ada tekad buat belajar ya mau gimana lagi haha. Tapi pokoknya suatu saat aku harus bisa masak. Buat jadi istri yang baik, ibu yang baik, anak yang baik. Sebelum nikah aku harus belajar bener-bener tentang masak. Setahun mungkin. Tapi kalo doi (suami kelak) ga mau nunggu aku belajar masak, dan siap nerima aku tanpa skill masak ya gapapa hahahaha. Kan nantinya bisa belajar waktu udah nikah.

Wih gilaaaaak bahasnya udah soal nikah-nikah nih. Iya pandangan buat nikah emang masih jauh. Tapi kan juga perlu dipersiapkan dari lama. Apalagi di umur aku yang segini, bahasan soal nikah harusnya udah ga tabu buat aku. Geli rasanya bahas soal nikah gini. Masih pingin main rasanya haha. But everyone should grow up kan.

Udah deh gitu dulu aja.

Dadah..


Titik dua bintang.

No comments: