Wednesday, April 5, 2017

Maskapai Buruk :(

Halooo
Pernah ga sih kalian ngerasa kesel sama pelayanan suatu penerbangan?
Paling sering kejadian biasanya pesawat delay, itu udah ngeselin banget. Tapi gimana kejadiannya kalo kita ditinggal pesawat? Aduuhh dongkolnya setengah matiiik..

Jadi pernah nih ya suatu hari aku berkunjung ke kalimantan selatan, di amuntai tepatnya, di sana adalah kota ayah aku. Aku di kalimantan selama seminggu. Seharusnya sih enam hari.

Berawal dari keberangkatan ke banjarmasin. Ga ada yang aneh dari keberangkatan ini. Lancar jaya pokoknya. Aku pake e-ticket, jadi cukup nunjukin kode boking yang udah kita simpen di gadget kita. Sampai di kalimantan juga gada yang aneh. Untuk sampai ke Amuntai itu butuh 3-4 jam perjalanan darat. Enam hari pun berlalu. Sebelum ke bandara, aku mampir dulu ke rumah pamannya ayahku. Paman ayah aku ini kebetulan lagi stay di rumahnya yang di banjarmasin. Sebenernya rumah ini jarang dipakai sama dia, karena biasanya dia stay di Tanjung. Kalo ga salah :p. Nah kebetulan keluarga paman ayah aku ini, yang biasa aku sebut kai, lagi berlibu nih. Karena jarang-jarang aku ke kalimantan, makanya disempetin dulu ketemu.

Sampe di sana istirahat-istirahat cantik, makan-makan, bersih-bersih badan, karena sebelumnya udah melewati perjalanan darat yang cukup lama.  Jadi berangkat dari amuntai jam 12 malem, kenapa? Padahal kan 3-4 jam perjalanan udah sampai. Iya jadi sengaja berangkat jam segitu karena pingin wisata pasar apung gitu, yang namanya pasar ya bukanya kan pagi gitu, jadilah kita berangkat malem-malem.

Nyampe di rumah kai sekitar jam 2 siang, dan istirahat sampe jam 4. Jam 4 pun berangkat karena takut ketinggalan pesawat kan, jam 6 take off di jadwalnya. Jadi perhitungan sih jam 5 udah harus check-in.

Sesampainya di bandara, jam 4 lewat sedikit. Santai dikit lah ya, kan masih lama bates check-in nya. Lanjut kita antre buat check-in, sampe giliran aku sama adek aku check-in. Disitu rada lama aku nunggu, padahal yang lain lancar jaya. Katanya aku ada kendala teknis, oke akhirnya aku tungguin.

Sampe akhirnya salah satu pegawai bandara bilang kalo aku ga bisa berangkat sekarang.
*Juegeeeeeeeeer*
Tiba-tiba ada petir nyamber..
*dalem hati ndeng*
Iya pas denger gitu ya, huffffff banget rasanya, sakit ati, ancur, macem-macem dah nano-nano (Eh sebut merk).
Aku yang notabene rada susah buat emosi, akhirnya bisa emosi di situ.
Aku: mas nya jangan bercanda dong, aku udah beli tiket, ga bisa berangkat sekarang tu gimana ceritanya?
Masnya: iya mba, jadi gini, pesawat kami yang dateng itu kecil, seharusnya tipe *apalah* tapi yang dateng malah tipe *inilah* yang membuat kita kekurangan kursi.
Aku: loh tapi saya udah beli tiket mas, terus mas pikir saya beli kursi kosong? Kursi hantu?
Masnya: iya mbak, ini di luar kendali kami, tapi sebagai gantinya mbak akan dipesankan penerbangan pertama besok.
Aku: mas, keluarga saya yang anter saya udah balik, saya di bandara tidur di mana nunggu sampe besok? Saya gamau berangkat besok, saya mau berangkat hari ini!
Masnya: iya baik mbak, sebentar saya urusin ke atasan saya.

(Percakapan ini udah di modif ya, intinya mah begitu)
Sembari percakapan , aku udah kasih tau orang tua aku kalo aku ada masalah gituan, akhirnya ibu aku telpon. Dan suruh tanya apa ada kompensasi hotel. Akhirnya aku tanyain. Sambil nyente gitu nanyanya, ada ngumpat-ngumpat, padahal ga biasanya ngumpat loh aku, serius, bukan pencitraan, tapi di sini ga tak ceritain ya wkwk.

Ngeselinnya lagi, yang katanya mau ngurusin ke atasan, aku pikir cuma biar aku kalem, karena pelayanannya super duper lama. Atau bahkan menurutku sengaja di lama-lamain. Padahal pesawat udah mau berangkat. Batas check-in bahkan udah lewat. Akhirnya aku makin panik dan nanya ke pegawai lainnya.
Aku: mas ini gimana, kok ga kelar-kelar ngurusnya, itu masnya jalannya juga lambat banget, pesawat udah mau boarding ituu..
Mas yang lain: iya mbak lagi diurusuin temen saya, sabar mbak.

(Dalem hati gimana mau sabar, orang pesawat udah mau boarding, aku masih belum kelar, alamat ga bisa terbang malem ini dah. )

Mas yang tadi ngurusin dateng. Menjelaskan hal yang tadi, bukan hal yang baru, intinya aku emang ga bisa berangkat hari ini.
Aku: gamau tau saya mau berangkat hari ini mas, masa saya mau ditelantarin di sini? Saya besok juga udah ada acara( acara keluarga kebetulan) . Saya ga mau tau, entah saya mau duduk di emperan. Atau pramugari lo suruh turun satu, biar gw duduk di kursi dia. (Wkwk kalo inget aku ngomong gini, konyol juga, mana mungkin duduk di kursi pramugari)
Masnya: maaf mbak, saya cuma bisa bantu dengan dijadwalkan penerbangan baru.
Aku:mas , ini saya cuman dapet kompensasi penerbangan? Saya ada dapet hotel ga ini? Saya mau tidur mana ini malem ini sampe besok? (Padahal ada rumah kai sih, tapi ya kan aku pingin ada pertanggungjawaban lah ya)
Tiba-tiba ada pegawai lain, mbak-mbak yang ikut bantu ngurusin.
Mbaknya: maaf mbak, dari kita kompensasinya cuma penerbangan baru.
Aku: mbak please lo pikir, gw mau tidur dimana skrg hah?
Selanjutnya aku serahin sama ibu aku, dan akhirnya aku dapet kompensasi penginepan di bandara. Selanjutnya aku diminta ke ruangan apalah gatau namanya lupa, buat ngisi data keberangkatan besok. Di situ, mbaknya sambil telponan sama temennya dengan bahasa banjar, padahal aku sedikit-sedikit tau bahasa banjar. Daaaannnn, ngeselin banget, mbaknya malah ngomongin aku, aku dikata rewel, dikata-katain dah pokoknya. Tapi ya aku males jadi pura-pura ga ngerti aja. Habis itu, kai aku yang rumahnya deket bandara dateng jemput aku. Iya jadi daritadi kai juga udah tau aku dapet masalah gitu, terus kai yang ternyata punya temen di bagian hukum di bandara protes dong, mereka minta maaf karena katanya gatau kalo aku sodaranya, tapi itu artinya mereka pilih kasih dong. Misal aku ga ada orang yang bisa belain, mau lebih semena-mena? tapi karena pesawat juga udah berangkat ya ga bisa berbuat apa-apa.  Akhirnya selanjutnya aku balik ke rumah kai dan tidur di sana sampe besoknya.

Jadi intinya, dari pihak sana ini kesalahan paham dan kesalahan teknis karena ternyata pesawat yang dateng tidak sesuai, jadi kekurangan tempat duduk. Tapi kalo kataku sih, ini cuma kecurangan dari pihak dalem. Karena ga logis banget, tiket yang dijual masa kursi bayangan gitu? Dijual itu kan seharusnya sudah sesuai dengan nomor, perubahan pesawat juga seharusnya ada konfirmasi, bukan nya memutuskan sepihak. Dan lagi, itu lagi musim liburan, mungkin aja tiket aku dijual ke orang lain dengan harga yang lebih tinggi. Karena saya bukan orangtua jadi dianggapnya tidak bisa berbuat apa-apa. Ya bener aja, cuma dapet ganti tiket. Payah bener emang itu maskapai. Semoga bisa memperbaiki lagi servisnya. Aku mau sebut maskapainya tapi aku takut kena UU ITE haha. Karena aku ga terlalu paham boleh apa engga cerita kayak gini. Baca artikel pun ku masih tak paham wkwk. Tanya kawan pun tak ada yang paham betul. Jadi ya sudahlah begini saja ceritanya.


See you on my next story :)



No comments: