Thursday, July 13, 2017

Biar Waktu atau Lupa

Terlalu sering kata terucap
Tak tau lagi bagaimana makna terserap
Kini biar semua tanya tetap tinggal
Biarmu meyakini prasangkamu
Biar waktu menjawab semua tanya
Biar waktu menghapuskan lukamu
Selama itu
Aku tau lukamu tetap tinggal
Jika ingatmu lukamu
Meski lupamu lukaku
Namun lupamu adalah obat lukamu
Maka aku rela terlupakanmu

Tuesday, May 2, 2017

Senyum Merubah Hari



Pernahkah kalian ketika melihat orang lain tersenyum entah siapa orang tersebut, lalu hari kalian pun ikut menjadi menyenangkan? Benar. Senyum memiliki kekuatan tersendiri untuk merubah harimu. Banyak orang yang tidak sadar akan hal ini. Dunia kita semakin maju membuat orang semakin jarang berinteraksi dengan sesama di dunia nyata. Padahal jika mereka mau mengerti, senyum mereka bisa saja merubah hari seseorang.  Banyak orang masa kini mengumbar senyum mereka hanya di layar, namun pada nyatanya mereka tidak sambil tersenyum. Sungguh ironis memang.
Dengan tersenyum, energi positif dapat terpancar dan tertular kepada orang lain. Ketika hari terasa berat, cukup berikan senyuman pun mereka akan merasa ada yang berempati denganny dan hari pun terasa lebih indah.  Namun sebaliknya, ketika seseorang yang berkomunikasi dengan kita tanpa menunjukkan senyumnya, bisa saja kita merasa malas berhadapan dengan orang tersebut. Benar, senyum memang dapat merubah hari kita. Senyum itu mudah, sederhana, siapa saja bisa melakukannya. Entah kenapa banyak orang yang kurang memperhatikan hal ini.Hal sederhana seperti senyuman dapat memberikan kekuatan yang tidak terkira dibanding senyuman yang diberi. Terkadang mereka lupa tersenyum karena mereka merasa lelah dengan hari yang mereka lalui. Padahal jika kita melalui hari itu dengan bersungut-sungut, hari justru akan terasa lebih berat. Bukankan lebih baik kita saling berbagi senyuman? Dengan begitu, dunia akan lebih baik dan bersinar dengan senyuman-senyuman yang bertebaran.
Memang orang-orang kebanyakan belum sadar akan arti senyuman yang diberikan mereka kepada orang lain. Maka dari itu, alangkah baiknya kita sesama manusia mengingatkan saudara kita. Banyak dari para pekerja di luar sana lupa untuk tersenyum karena pekerjaan mereka yang berat. Kita yang berinteraksi dengan mereka kadang merasa malas dengan sikap seperti itu. Kemudian kita justru tertular menjadi malas. Lalu kita menularkan lagi energi negatif tersebut ke orang lain. Begitu seterusnya. Bukankah hal tersebut akan merugikan dunia. Mengapa tidak kita mulai dengan mengingatkan orang tersebut untuk tersenyum. Ingatkan mereka dengan kata-kata yang indah pula. Bukan dengan kata-kata yang penuh emosi.  Pujian akan lebih baik daripada dengan emosi.
“Senyum itu sedekah”.. Kalimat ini begitu sederhana namun memiliki makna yang sangat dalam. Sedekah adalah amalan yang baik. Sedekah adalah memberi sesuatu kepada orang lain dan mendapatkan pahala. Lalu senyuman? Hanya dengan tersenyum kita bisa juga bersedekah dengan sesama. Betapa menyenangkan hanya bermodal senyum yang sederhana itu, kita bisa juga bersedekah. Bersedekah tidak perlu mahal, cukup dengan senyuman pun kita bisa bersedekah. Bayangkan jika senyuman kita dapat merubah hari seseorang menjadi lebih berarti. Semua hal akan menjadi lebih indah jika dilakukan sembari tersenyum.

Berawal dari bangun di pagi hari, kita mulai hari kita dengan tersenyum. Senyum akan membangun energi positif dari diri kita. Jika di pagi hari saja ada hal yang membuat tidak senang, hari tersebut akan berubah menjadi buruk karena di pagi hari kita mulai mesugestikan hari itu menjadi buruk. Maka mulailah hari dengan tersenyum, berikan senyuman kita pada orang-orang di rumah. Rumah akan terasa lebih cerah dengan kita yang saling berbagi senyuman. Keluar dari rumah berikan senyuman pada tetangga, balasan senyuman dari tetangga akan menambah energi positif ada pada diri kita. Berbagi senyuman itu berarti berbagi energi positif untuk merubah hari menjadi lebih indah. Hari yang indah untuk dunia yang lebih baik.

Kamu Cantik dengan Senyummu


Siapa yang tidak ingin dibilang cantik? Semua wanita pasti akan senang jika ada yang memujinya cantik. Banyak wanita berlomba-lomba untuk menjadi cantik. Namun jangan anggap wanita sebelah mata. Wanita berpenampilan cantik bukan karena orang lain. Wanita ingin cantik karena dirinya sendiri. Namun sayangnya, wanita seringkali lupa bahwa senyuman adalah hiasan terindah di wajah mereka. Mereka berlomba-lomba melakukan perawatan wajah untuk diri mereka. Tidak lupa mereka juga melakukan perawatan tubuh. Hal yang paling membuat panik adalah kulit yang kusam dan wajah yang berkerut. Sebagai manusia, wanita tidak terlepas dari masa penuaan. Semua wanita pasti akan menua. Namun senyuman tidak akan pernah sirna.
Sebaik-baiknya wanita merawat diri, akan lebih indah jika ada senyuman bersungging di wajahnya. Saya seringkali bertanya pada adik saya tentang definisi cantik. Saya tidak bertanya apakah saya cantik, gengsi dong ya hehe. Saya sering bertanya tentang pendapat dia apakah wanita ini cantik apakah wanita itu cantik. Lalu saya bertanya, apa yang dia lihat dari seorang wanita sampai dia mengatakan bahwa seorang wanita itu cantik. Adikku pun menjawab, Senyumnya. Benar, senyum adalah hal terindah yang mebuat seseorang terlihat cantik. “Smile is the best makeup that everyone can wear”. Begitu sering kalimat itu terdengar, namun kalimat ini memang benar adanya.
Jika seorang wanita menuruti perawatan diri yang mahal, peralatan ­makeup yang mahal, maka tidak semua wanita bisa cantik. Begitu logikanya. Akan tidak adil jika dunia mendefinisikan cantik sesempit itu. Cantik bukan karena mata yang besar, hidung mancung, kulit putih, kulit bersih, perawatan mahal, makeup mahal, kulit kencang dan berbagai definisi lain. Semua wanita cantik jika mereka tersenyum. Percuma jika mereka mampu merawat diri, mampu mempoles makeup di wajahnya, namun senyum tidak bersungging di wajahnya. Orang lain akan lebih terkesan pada wanita yang mudah tersenyum daripada wanita yang jarang tersenyum. Tidak perlu mahal-mahal untuk menjadi cantik, karena senyum saja bisa membuat kamu menjadi cantik.
Jika kita menuruti definisi cantik adalah mereka yang memiliki kulit kencang, lalu bagaimana dengan mereka yang sudah beranjak tua. Apa mereka tidak bisa lagi disebut cantik? Jika seperti itu, maka perceraian akan sering terjadi karena lelaki menginginkan yang lebih cantik tentunya. namun yang terjadi tidak seperti itu. Lelaki jatuh cinta dengan wanita dengan senyumannya. Senyuman seorang wanita menunjukkan pribadinya pula. Dengan senyuman yang selalu menghiasi wajah kita, orang lain akan selalu merasa nyaman dengan kita. Cantik akan selalu menghiasi wajah kita. Tidak perlu memaksakan mengeluarkan uang yang banyak untuk menghilangkan kerutan di wajah, karena kita tidak bisa mneghindari hal tersebut. Senyuman adalah perawatan terbaik untuk menjadi cantik.

Ketulusan senyuman seseorang akan sangat terasa berarti bagi orang lain. Senyuman benar-benar hiasan terbaik untuk wajah di dunia. Kosmetik mahal tidak dapat menjamin kita menjadi cantik, jika kita lupa untuk tersenyum. Tuhan berikan apa yang ada pada diri kita untuk mempercantik diri, yaitu senyuman. Namun seringkali kita melupakan hal tersebut dan fokus dengan perawatan diri yang membuat wanita sangat repot. Kerutan sedikit sudah membuat panik. Padahal senyum sendiri dapat membuat kerutan berkurang, semakin sering tersenyum, otot di wajah pun tidak sering tegang. Senyuman adalah hal terbaik yang bisa membuat semua wanita di dunia menjadi cantik, tanpa terkecuali.

Cinta Lokasi?


Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi, cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Cinta juga merupakan sebuah aksi atau kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut. Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lain. Cinta bisa dialami oleh semua makhluk. Ungkapan cinta digunakan untuk meluapkan perasaan kepada keluarga, teman - teman, asmara, perasaan patriotisme, nasionalisme, dan lain - lain.
            Cinta adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam. Menurut Erich Fromm, ada lima syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu : perasaan, pengenalan, tanggung jawab, perhatian, dan saling menghormati. Ia menyatakan empat gejala :  care, responsibility, respect, knowledge muncul semua secara seimbang dalam pribadi seorang yang sedang mencintai. Omong kosong jika seseorang mencintai anak tetapi tidak pernah mengasuh anak. Karena perasaan cinta datang karena biasa. Seperti pepatah Jawa yang mengatakan, “Witing tresna jalaran saka kulina”. Inilah hal yang mendasari Cinta Lokasi.
Cinta lokasi adalah  suatu keadaan di mana seseorang mulai merasakan jatuh cinta kepada lawan jenisnya dikarenakan lokasi yang mempertemukan mereka membuat mereka sering bersama. Rasa cinta memang bisa datang kapan saja dan di mana saja kepada siapa saja. Cinta lebih mudah datang dari orang terdekat. Karena dekat seseorang bisa sering  bertemu lalu terbiasa dan akhirnya cinta pun timbul. Rasa cinta yang mulai tumbuh ini karena faktor jarak, sering disebut cinta lokasi.
Banyak orang yang berpendapat bahwa cinta lokasi tidak akan bertahan lama. Karena cinta yang tumbuh terjadi karena kebersamaan yang terjadi dalam waktu tertentu, sehingga jika sudah dipisahkan oleh waktu dan lokasi, bisa saja perasaan itu akan memudar. Cinta lokasi biasa datang dari persahabatan. Seringnya pasangan sahabat yang menghabiskan waktu bersama, membuat cinta mudah timbul di antara mereka.
Ada sebuah contoh kasus yang menggambarkan keadaan cinta lokasi ini :
Sebut saja dia Sherin. Sherin kuliah di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta. Suatu hari, Sherin datang ke pesta ulang tahun salah satu temannya, bernama Septi. Saat mereka hendak menyalakan lilin, mereka kebingungan mencari korek api. Lalu datanglah seorang laki – laki berbadan tinggi dan kurus yang menyodorkan korek api, namanya Sony. Ternyata Sony adalah teman kampus Sherin tetapi hanya beda kelas. Sejak pertemuan itu, saat bertemu di kampus, sering kali mereka bertegur sapa, walaupun hanya sekedar mengatakan ‘hai’, tapi karena sudah terbiasa akhirnya mulailah Sony timbul perasaan. Sony pun memberanikan diri meminta nomor handphone kepada Sherin. Sejak itu, mereka pun saling bertukar pesan singkat melalu handphone. Karena kebiasaan tersebut, mulailah timbul rasa di antara keduanya, karena jarak, lokasi, waktu, dan keadaan yang membuat mereka sering berkomunikasi. Inilah yang disebut cinta lokasi.”
Kebersamaan mereka menjadikan cinta yang mereka rasakan mulai tumbuh. Karena kedekatan pula yaitu satu kampus, maka mulai lah cinta itu tumbuh. Sesuai dengan teori kedekatan (proximity), di mana interaksi memungkinkan orang untuk mengeksplorasi kesamaan mereka, merasakan saling menyukai satu sama lain. Kenyataan memang tak bisa dihindari, hampir setiap hari, setiap waktu mereka berdua tidak lepas berkomunikasi. Tidak bisa dielakkan lagi bahwa cinta mulai tumbuh di antara mereka. Jatuh cinta seperti ini hadir karena pengenalan kepribadian yang didukung oleh adana self – disclosure (keterbukaan diri) yang dilakukan seseorang kepada orang lain. Merasakan indahnya jatuh cinta memang terasa menyenangkan. perasaan bahagia, senang, dan tak menentu bercampur aduk menjadi satu rasa.
Selain dapat menimpa siapa saja, hal ini bisa terjadi di mana saja. Salah satu contoh nyata adalah seperti yang sudah disebutkan di atas. Cinta seperti ini disebabkan oleh faktor kedekatan (proximity). Kedekatan ini yang dijadikan sebagai awal mula perasaan cinta itu tumbuh. Cinta lokasi bisa terjadi seperti di beberapa tempat, yaitu lokasi syuting, kantor, sekolah, kelas, dan seperti contoh di atas adalah lokasi kampus.
Kampus umumnya adalah tempa untuk menimba ilmu pengetahuan. Tetapi, tidak jarang juga kampus berpotensi dalam menumbuhkan cinta lokasi. Biasanya, cinta lokasi terjadi antara junior dan senior ketika masa ospek. Suka duka ospek sering kali membuat timbulnya cinta lokasi ini. Tetapi, pada kasus yang saya angkat di sini, bisa juga cinta lokasi itu terjadi pada mahasiswa seangkatan. Cinta seperti ini biasanya lebih bersifat sebagai penyemangat kuliah kedua belah pihak.
Banyak anak muda yang menemukan cinta lokasi ini sebagai suatu hal yang istimewa. Cinta lokasi timbul karena suatu hubungan yang timbul dalam sebuah situasi dan tempat yang sama. Atau bisa juga disebut sebagai faktor jarak. Di mana mereka saling dipertemukan di tempat tersebut sehingga terjadilah cinta lokasi. Cinta lokasi lebih sering terjadi di kalangan anak – anak muda, tetapi bisa juga terjadi pada usia dewasa. Kondisi seperti ini disebabkan karena intensitas pertemuan atau sering disebut dalam Teori Atraksi Interpersonal yaitu faktor Familiarity. Faktor ini terjadi karena jalinan komunikasi yang sangat erat. Tanpa menunggu waktu yang lama, perasaan ini pun membuat keduanya jadi kian dekat sehingga mereka memutuskan untuk membina jalinan asmara di antara mereka.
Berawal dari saling berbagi banyak hal di antara mereka, yang mereka anggap mereka mulai saling mengerti dan memahami keadaan masing – masing, yang selanjutnya berlanjut ke arah hubungan yang lebih serius lagi. Katakan saja pada kasus ini, di antara Sherin dan Sony mereka adalah teman dekat yang mesra, atau pada zaman sekarang sering dikenal dengan istilah ‘TTM’, yang lama – kelamaan menjadi pacar sesungguhnya.
Cinta lokasi memang bisa terjadi di mana saja, seperti yang sudah disebutkan di atas, tetapi ada juga cinta lokasi yang benar – benar karena lokasi saja, dalam artian cinta itu berlangsung di tempat itu dan berakhir di tempat itu pula. Cinta lokasi yang dialami Sherin dan Sony berawal karena seringnya mereka bersama – sama dan saling bertukar pesan singkat di handphone. Faktor seperti ini sering dikenal sebagai faktor kebersamaan atau familiarity. Karena kebersamaan ini, maka keduanya seperti punya kedekatan emosi dan lama – lama berubah menjadi rasa suka.

Familiarity artinya sering kita lihat atau sudah kita kenal dengan baik. Prinsip ini dicerminkan juga dalam peribahasa Indonesia, “Kalau tak kenal maka tak sayang” seperti juga pepatah jawa, “Witing tresna jalaran saka kulina”, yang bisa diartikan bahwa cinta itu datang karena terbiasa. Jika kita sering berjumpa dengan seseorang, maka kemungkinan besar kita akan menyukainya. Robert B. Jonc (1968) memperlihatkan foto – foto wajah pada subjek – subjek eksperimennya. Ia menemukan makin sering subjek melihat wajah tertentu, ia makin menyukainya. Ini lah salah satu faktor timbulnya cinta lokasi.

Saturday, April 22, 2017

Siapa yang Bagaimana

Sebutnya aku begini
Sebutnya aku begitu
Nyatanya ia begini
Nyatanya ia begitu
Sebenanrnya
Siapa yang bagaimana
Pandai ia 
Diri ini
Terombang ambing dibuatnya

Tawanan

Dada begitu sesak.
Sudah tentu.
Banyak yang tertahan di sana, 
Tawanan segala risau.

Wednesday, April 5, 2017

Maskapai Buruk :(

Halooo
Pernah ga sih kalian ngerasa kesel sama pelayanan suatu penerbangan?
Paling sering kejadian biasanya pesawat delay, itu udah ngeselin banget. Tapi gimana kejadiannya kalo kita ditinggal pesawat? Aduuhh dongkolnya setengah matiiik..

Jadi pernah nih ya suatu hari aku berkunjung ke kalimantan selatan, di amuntai tepatnya, di sana adalah kota ayah aku. Aku di kalimantan selama seminggu. Seharusnya sih enam hari.

Berawal dari keberangkatan ke banjarmasin. Ga ada yang aneh dari keberangkatan ini. Lancar jaya pokoknya. Aku pake e-ticket, jadi cukup nunjukin kode boking yang udah kita simpen di gadget kita. Sampai di kalimantan juga gada yang aneh. Untuk sampai ke Amuntai itu butuh 3-4 jam perjalanan darat. Enam hari pun berlalu. Sebelum ke bandara, aku mampir dulu ke rumah pamannya ayahku. Paman ayah aku ini kebetulan lagi stay di rumahnya yang di banjarmasin. Sebenernya rumah ini jarang dipakai sama dia, karena biasanya dia stay di Tanjung. Kalo ga salah :p. Nah kebetulan keluarga paman ayah aku ini, yang biasa aku sebut kai, lagi berlibu nih. Karena jarang-jarang aku ke kalimantan, makanya disempetin dulu ketemu.

Sampe di sana istirahat-istirahat cantik, makan-makan, bersih-bersih badan, karena sebelumnya udah melewati perjalanan darat yang cukup lama.  Jadi berangkat dari amuntai jam 12 malem, kenapa? Padahal kan 3-4 jam perjalanan udah sampai. Iya jadi sengaja berangkat jam segitu karena pingin wisata pasar apung gitu, yang namanya pasar ya bukanya kan pagi gitu, jadilah kita berangkat malem-malem.

Nyampe di rumah kai sekitar jam 2 siang, dan istirahat sampe jam 4. Jam 4 pun berangkat karena takut ketinggalan pesawat kan, jam 6 take off di jadwalnya. Jadi perhitungan sih jam 5 udah harus check-in.

Sesampainya di bandara, jam 4 lewat sedikit. Santai dikit lah ya, kan masih lama bates check-in nya. Lanjut kita antre buat check-in, sampe giliran aku sama adek aku check-in. Disitu rada lama aku nunggu, padahal yang lain lancar jaya. Katanya aku ada kendala teknis, oke akhirnya aku tungguin.

Sampe akhirnya salah satu pegawai bandara bilang kalo aku ga bisa berangkat sekarang.
*Juegeeeeeeeeer*
Tiba-tiba ada petir nyamber..
*dalem hati ndeng*
Iya pas denger gitu ya, huffffff banget rasanya, sakit ati, ancur, macem-macem dah nano-nano (Eh sebut merk).
Aku yang notabene rada susah buat emosi, akhirnya bisa emosi di situ.
Aku: mas nya jangan bercanda dong, aku udah beli tiket, ga bisa berangkat sekarang tu gimana ceritanya?
Masnya: iya mba, jadi gini, pesawat kami yang dateng itu kecil, seharusnya tipe *apalah* tapi yang dateng malah tipe *inilah* yang membuat kita kekurangan kursi.
Aku: loh tapi saya udah beli tiket mas, terus mas pikir saya beli kursi kosong? Kursi hantu?
Masnya: iya mbak, ini di luar kendali kami, tapi sebagai gantinya mbak akan dipesankan penerbangan pertama besok.
Aku: mas, keluarga saya yang anter saya udah balik, saya di bandara tidur di mana nunggu sampe besok? Saya gamau berangkat besok, saya mau berangkat hari ini!
Masnya: iya baik mbak, sebentar saya urusin ke atasan saya.

(Percakapan ini udah di modif ya, intinya mah begitu)
Sembari percakapan , aku udah kasih tau orang tua aku kalo aku ada masalah gituan, akhirnya ibu aku telpon. Dan suruh tanya apa ada kompensasi hotel. Akhirnya aku tanyain. Sambil nyente gitu nanyanya, ada ngumpat-ngumpat, padahal ga biasanya ngumpat loh aku, serius, bukan pencitraan, tapi di sini ga tak ceritain ya wkwk.

Ngeselinnya lagi, yang katanya mau ngurusin ke atasan, aku pikir cuma biar aku kalem, karena pelayanannya super duper lama. Atau bahkan menurutku sengaja di lama-lamain. Padahal pesawat udah mau berangkat. Batas check-in bahkan udah lewat. Akhirnya aku makin panik dan nanya ke pegawai lainnya.
Aku: mas ini gimana, kok ga kelar-kelar ngurusnya, itu masnya jalannya juga lambat banget, pesawat udah mau boarding ituu..
Mas yang lain: iya mbak lagi diurusuin temen saya, sabar mbak.

(Dalem hati gimana mau sabar, orang pesawat udah mau boarding, aku masih belum kelar, alamat ga bisa terbang malem ini dah. )

Mas yang tadi ngurusin dateng. Menjelaskan hal yang tadi, bukan hal yang baru, intinya aku emang ga bisa berangkat hari ini.
Aku: gamau tau saya mau berangkat hari ini mas, masa saya mau ditelantarin di sini? Saya besok juga udah ada acara( acara keluarga kebetulan) . Saya ga mau tau, entah saya mau duduk di emperan. Atau pramugari lo suruh turun satu, biar gw duduk di kursi dia. (Wkwk kalo inget aku ngomong gini, konyol juga, mana mungkin duduk di kursi pramugari)
Masnya: maaf mbak, saya cuma bisa bantu dengan dijadwalkan penerbangan baru.
Aku:mas , ini saya cuman dapet kompensasi penerbangan? Saya ada dapet hotel ga ini? Saya mau tidur mana ini malem ini sampe besok? (Padahal ada rumah kai sih, tapi ya kan aku pingin ada pertanggungjawaban lah ya)
Tiba-tiba ada pegawai lain, mbak-mbak yang ikut bantu ngurusin.
Mbaknya: maaf mbak, dari kita kompensasinya cuma penerbangan baru.
Aku: mbak please lo pikir, gw mau tidur dimana skrg hah?
Selanjutnya aku serahin sama ibu aku, dan akhirnya aku dapet kompensasi penginepan di bandara. Selanjutnya aku diminta ke ruangan apalah gatau namanya lupa, buat ngisi data keberangkatan besok. Di situ, mbaknya sambil telponan sama temennya dengan bahasa banjar, padahal aku sedikit-sedikit tau bahasa banjar. Daaaannnn, ngeselin banget, mbaknya malah ngomongin aku, aku dikata rewel, dikata-katain dah pokoknya. Tapi ya aku males jadi pura-pura ga ngerti aja. Habis itu, kai aku yang rumahnya deket bandara dateng jemput aku. Iya jadi daritadi kai juga udah tau aku dapet masalah gitu, terus kai yang ternyata punya temen di bagian hukum di bandara protes dong, mereka minta maaf karena katanya gatau kalo aku sodaranya, tapi itu artinya mereka pilih kasih dong. Misal aku ga ada orang yang bisa belain, mau lebih semena-mena? tapi karena pesawat juga udah berangkat ya ga bisa berbuat apa-apa.  Akhirnya selanjutnya aku balik ke rumah kai dan tidur di sana sampe besoknya.

Jadi intinya, dari pihak sana ini kesalahan paham dan kesalahan teknis karena ternyata pesawat yang dateng tidak sesuai, jadi kekurangan tempat duduk. Tapi kalo kataku sih, ini cuma kecurangan dari pihak dalem. Karena ga logis banget, tiket yang dijual masa kursi bayangan gitu? Dijual itu kan seharusnya sudah sesuai dengan nomor, perubahan pesawat juga seharusnya ada konfirmasi, bukan nya memutuskan sepihak. Dan lagi, itu lagi musim liburan, mungkin aja tiket aku dijual ke orang lain dengan harga yang lebih tinggi. Karena saya bukan orangtua jadi dianggapnya tidak bisa berbuat apa-apa. Ya bener aja, cuma dapet ganti tiket. Payah bener emang itu maskapai. Semoga bisa memperbaiki lagi servisnya. Aku mau sebut maskapainya tapi aku takut kena UU ITE haha. Karena aku ga terlalu paham boleh apa engga cerita kayak gini. Baca artikel pun ku masih tak paham wkwk. Tanya kawan pun tak ada yang paham betul. Jadi ya sudahlah begini saja ceritanya.


See you on my next story :)



Thursday, March 9, 2017

After KKN Life

Halooooh..
Setelah sekian lama ga cerita kemaren tiba-tiba aku cerita soal penipuan. Lompat jauh ya haha..

Flashback deh, habis kkn aku kan belum cerita lagi tuh ya. Now i would tell you about that.

Setelah kkn berjalan lancar ada ujian kkn dong ya. Ujian kkn itu pengujinya  adalah dosen lapangan itu sendiri. Dan setiap ujian tiap kelompok itu beda-beda caranya sesuai dosen yang nguji. Ada yang disuruh cerita biasa ngapain aja selama kkn. Ada yang suruh ujian tulis. Macem-macem pokoknya.

Nah ujian kelompokku ada yang ngeselin nih. Si dosen minta kita cerita masing-masing gimana selama kkn, proker unggulan kita, dan lain-lain yang berkaitan dengan kkn. Tapi eh tapi si dosen bukannya dengerin kita cerita, dia udah kebanyakan ceramah duluan. Dalem ati, ini ujian apa kuliah, kenapa banyakan dosennya yang ngomong. Dan ngeselinnya lagi si dosen menilai kalau kelompokku kurang "guyub" sama warga. Padahal si dosen cuma satu dua kali ke tempat kkn. Dan pada nyatanya sampai sekarang kelompokku masih sering komunikasi sama warga. Kan ngeselin ya. Karena ga terima ya aku protes dong, aku cerita kalo gini gini gini bla bla bal. eh yang ada aku kena semprot haha. Habis kelar ujian, temen-temen bilang kalo nilai udah pasti aman, jadi ga perlu protes sebenernya. Tapi ya aku orangnya ga terima aja, orang dinilai kayak gitu sama dosen ya pinginnya meluruskan ya huhu. Ya sudahlah, sudah lewat juga.

Kkn kelar kita mulai masuk semester 7. Semester 7 kita mulai cari-cari tempat magang nih. Aku akhirnya ngajuin magang di dprd diy. Banyak yang aku dapet selama magang. Pengalaman magang bener-bener pengalaman baru buat aku. Aku ketemu orang-orang baru. Aku sedikit-sedikit jadi paham bagaimana kinerja di dprd diy. Aku kadang liat orang-orang pada demo. Aku kadang ikut rapat paripurna, terus bikin beritanya. Asik pokoknya.

Setelah magang sebenernya aku bisa sambil ngurus skripsi sembari nunggu ujian magang. Tapi karena aku ngerasa berturut-turut kuliah, kkn, magang, dan belum sempet libur, yaudah akhirnya aku memutuskan untuk rehat sejenak dari kemrungsungnya kuliah hehe.

Beberapa bulan akhirnya berlalu banyak hambatan yang aku lewatin selama bikin laporan magang. Dari hambatan dalam diri yaitu kemalasan hahaha dan dari luar juga. File kehapus adalah permasalahan yang sering terjadi oleh para pelajar. Entah karena laptop error, human error, apa lah yang error. Dan itu kejadian sama aku. Sedih bangeeet rasanya. Sebelumnya file- file aku udah aku backup di email, flashdisk, laptop, semua di backup. Yang bikin sedih, aku habis perbarui file tapi cukup banyak, dan pembaruan yang terbaru ini belum ku backup, baru aku simpen di flashdisk. Lemes rasanya tau kehapus. Tapi file ku yang kehapus ini kejadiannya rada aneh gitu. Entah kenapa aku pilih file di flashdisk untukdihapus, udah jelas file yang dipilih itu bukan file laporan magang, tapi pas teken delete, eh kehapus semua se flashdisk huaaa. Aku kayak udah ga mau kuliah lagi itu. Tapi dipikir-pikir lagi yang kehapus itu pembaruan yang terbaru. Untung aku masih punya file yang sebelumnya. Tapi itu aja udah sedih banget hiks. Aku ga bisa bayangin gimana rasanya orang-orang yang file sekelas skripsi gitu kehapus. Pantes aja ada berita bunuh diri gara-gara skripsi kehapus. Semoga ga ada kejadian gitu lagi ya. Aamiin.

Setelah laporan magang kelar. Berlanjutlah ke skripsi hehe. Ga nyangka aku udah sampe tahapan ini. Dari dulu sampe sekarang, aku mikir skripsi itu adalah momok. Karena dari dulu orang-orang emang bikin skripsi itu seakan-akan adalah momok. Padahal kalo dipikir-pikir ya skripsi kayak tugas biasanya, bedanya tugas terakhir dan lumayan ribet dan banyak. Musuh paling beratnya sebenernya ya cuma males. Kalo ga paham kan bisa tanya sama orang yang lebih ahli ya. Ngomong doang mah gampang yak wkwk. Aku sih sampe sekarang juga belum kelar-kelar, males bener-bener jadi musuk terbesar huhu. Baru sampe latar belakang, latar belakang aja belum kelar-kelar hehe. Ya semoga siapapun yang sedang menjajaki masa ini, bisa segera menyelesaikan dan dipermudah. Aamiin.


Ya gitu deh perjalanan studi ku setelah kkn.. Makasih sudah mampir rumah berceritaku ini hehe. Sampe sini dulu ya ceritanya. Babay muah.

Wednesday, February 1, 2017

Penipuan Bermodus e-Cash Mandiri

Hai .. Lama tak bersua, kali ini aku mau cerita soal pengalaman pait hiks. Belum lama ini, aku jadi korban penipuan. Penipuan online. Sebenernya udah banyak korban penipuan online begini. Jadi ga kaget lah ya kalo aku jg jadi salah satu korbannya.

Begini ceritanya...
Aku jual barang di salah satu media jual beli online terkemuka. Disitu ada yg minat beli barangku dan chat dimulai.
Dia chat biasa selayaknya pembeli normal. Kemudian dia minta rekening. Aku kasih dong ya.

Setelah penipu kabur, dia udah ga pake dp lagi. Jadi screnshot an ini satu-satunya foto dia yang bisa kesimpen di aku. Kecil banget sih ya haha. Tapi entah juga itu foto asli atau bukan.

Setelah itu dia konfirmasi udah kirim beserta struknya. Berikut struknya

Struk ini sekilas ga ada yang mencurigakan kan. entah gimana bisa ada struk kayak gini, tp setelah kejadian ya aku ngerti pasti ini cuma akal2an si penipu bikin struk ginian.

Lanjut cerita.. Setelah itu dia bilang kalo dia transfer via e-cash mandiri. Itu artinya dia transfer via electronic money, dan aku ga bisa pake uang itu karena masih berupa electronic money. Dia bilang aku harus ke mandiri untuk cairin dana itu. Dan dia ngasih deadline karena katanya pengirimannya dia takut keburu offline, dan itu artinya uang yang dia kirim ke aku hangus. Ya udah aku sebagai penjual yang baik gamau dong bikin pembelinya kecewa. Aku cari atm mandiri untuk melakukan pencairan dana yang udah dibilangin si penipu ini. Si penipu juga kirim cara melakukan pencairan dana e-cash ini dari website (yang sekarang aku sadari kalau mungkin website ini dia sendiri pula yang bikin) 
Pokoknya semua diatur sedemikian rupa sehingga aku bener-bener ga ada menaruh curiga sama sekali sama penipu ini.

Sampai akhirnya aku melakukan semua tahapan dari website itu. Pada tahap 9, masukkan kode otp dana, di situ tertera tulisan Rp atau rupiah di depan angka kode. Aku sedikit curiga di situ, tapi aku lanjutin. Setelah itu aku cek saldo atm aku, dannnnn.... Hyak sekejap uang aku melayang begitu saja. Dan saldo yang berkurang adalah sejumlah kode yang aku masukkan, Rp 480011. Iya. Ternyata kode yang saya masukkan adalah jumlah rupiah yang saya kirimkan ke rekening penipu itu.

Jelas aku protes ke penipu ini. Si penipu masih bisa dihubungin. Dan dia masih berlaga tidak memiliki salah. Dia menanyakan seolah-olah aku melakukan kesalahan dalam melakukan tahapan pencairan dana ini. Aku emosi duluan, aku langsung bilang kalau dia itu penipu bla bla bla. Dan dia jawab dengan berkali-kali menyebut nama tuhan. 
"Mana mungkin saya nipu mbak, ini cuma kesalahan, coba yang keluar tadi nama siapa?"
"Nama mbak lah, ratna kurnia (entah ini nama dia asli atau bukan)"
"Ya allah mbak, ya jelas itu masuk rekening saya, harusnya yang keluar an rekening mbak, baru masuknya ke rekening mbak, coba diulangi ya mbak, saya bantu tuntun sekarang"
Jelas aku takut ya, jadi aku minta dia untuk transfer biasa saja. Tapi dia mengelak, dia ga mau mentransfer dua kali, dia juga berdalih takut pengirimannya dia yang tadi akan hangus. Entah kenapa aku walaupun sudah antara percaya tidak percaya, aku berusaha untuk percaya, karena lubuk hati pingin kalau aku mungkin memang salah. Mana mungkin aku kena tipu. Mbaknya juga sering nyebut. Ga mungkin kalau orang ini penipu. Mungkin memang aku yang salah melakukan tiap tahapan. Begitu pikir ku waktu itu.


Kebetulan, saat itu ada petugas bank yang sedang ke atm. Lalu aku tanya ke bapaknya. Bapaknya bilang bapaknya kurang tahu soal e-cash. Akhirnya aku coba lagi bertransaksi di atm dengan dituntun si penipu tersebut. Karena bapak petugas bank ini memperhatikan saya, bapak itu dengan sigap memencet tombol cancel dan meyakinkan ke aku kalau itu adalah penipuan, dan jangan digubris lagi. Aku sedih. Aku masih percaya gak percaya. Apa bener aku ini kena tipu. Aku mikir, bapaknya ini kan belum terlalu ngerti sama e-cash. Mungkin si penipu ini emang bener. Aku masih penasaran. Mungkin emang aku yang salah.

Untuk jaga-jaga kalau memang ini adalah penipuan. Akhirnya aku pindah saldo dari atmku sampai bersisa 600ribu rupiah. Kenapa 600ribu? Karena di website yang menunjukkan cara mencairkan dana tadi disebutkan kalau mau melakukan pencairan dana, harus memiliki saldo minimal 500 ribu. Ini adalah salah satu kejanggalan yang saat itu ga aku sadari waktu itu. Apa urusannya ada minimal saldo? Anggap saja aku memang ga ada saldo, lalu aku sebagai penjual masa gak bisa ngambil uang transferan ku sendiri? 

Lanjut lagi, setelah petugas bank pergi, aku penasaran dan aku coba lagi melakukan transaksi itu, dengan dituntun si penipu. Penipu sebelumnya sempat bertanya berapa jumlah saldo ku. Karena aku panik, ya aku jawab aja jumlah saldoku. Tapi aku belum bilang aku pindahin saldo ku. Akhirnya masuk ke tahap memasukkan kode, namun kode yang penipu kasih berbeda dengan kode sebelumnya. Kode ini berawalan angka 9. Yang jika dibaca secara nominal berjumlah 900ribu. Karena saldoku udah aku pindah, aku ga khawatir menulis kode kali ini. Dan yang aku dapat adalah "limit".
Aku bilang ke si penipu. "Kok disini dibilang limit"
"Loh emang saldo mbak berapa tadi"
"Ya yang tadi saya bilang"
"Yaudah mbak coba lagi"

Aku coba lagi tapi karena aku semakin sadar kalau memang kode itu adalah jumlah rupiah, makanya aku coba tidak memasukkan kode sesuai yang penipu bilang, tapi aku masukin jumlah Rp10 . Tapi saat itu atm malah error. 

Akupun bilang ke penipu, kalau atm error dan aku mau cari atm lain. Sampai di atm lain, sebelum aku telpon penipu ini lagi,aku mencoba sendiri melakukan transaksi dengan memasukkan kode Rp 10. Dan berhasil, di situ tujuan rekening dengan nama "tarik tunai" . Aku pikir mungkin memang aku salah masukin tahapan transaksi. Karena kali itu yang muncul adalah "tarik tunai".

Akhirnya aku telpon lagi si penipu. Tapi kali ini aku bilang aku mindahin saldoku ke rekening lain, karena aku takut salah lagi dan uang  melayang lagi. Penipu bilang harus ada minimal saldo 500ribu di atm, sesuai yang tertera di website yang penipu beri. Aku bilang "oke saya sisain sampe 600ribu"
Penipu menuntun sampai pada tahapan memasukkan kode lagi. Kode kali ini berubah lagi dengan awal digit 5, yang jika dinominalkan menjadi 500ribu sekian rupiah. Aku tanya ke dia, kode kok daritadi berubah-ubah. Tapi dia tidak menjawab.

Lalu dia tanya apa lagi yang muncul. dan ternyata yang muncul adalah nama rekening aku, tapi.... Ada yang salah dari nama ini, ada salah pengejaan tulisan. Di sini akhirnya puncak kesadaran aku kalau aku ini memang kena tipu, dan di sini aku mulai menerima kalau memang aku ini kena tipu dan uang aku di transaksi pertama itu gak bisa kembali. Jadi penipu ini mengganti nama tujuan berbeda-beda di setiap transaksi. Entah apa yang terjadi jika si penipu tidak melakukan salah eja, mungkin aku kena tipu dia bisa dua kali.

Aku pun meluapkan emosi ku di akhir percakapan telpon itu. Lalu telpon mati dan aku lanjutkan emosi aku di kolom chat penipu itu. Penipu lama-lama tidak membalas. Menonaktifkan "last seen", menghapus foto profil, dan tidak lama kemudian whatsapp sudah tidak aktif. 

Lemes rasanya, menerima kalau emang kita itu habis kena tipu, sedihhhh huhuhuhuuuu. Beberapa saat kemudian, aku coba telpon lagi nomor dia. Nomornya masih aktif, dia angkat biasa saja. Sepertinya dia lupa sama aku. Padahal belum lama. Aku kepikiran banyak orang yang lagi jadi korbannya dia. Aku akhirnya meluapkan emosi dan dia pun baru sadar kalau itu aku yang tadi kena tipu, dia berdalih, menyindir "loh yang suruh kirim ke saya siapa, kan mbak sendiri yang kirim kan"
(Minta dihajar bener ini orang)

Lalu aku lanjutin ngerjain dia berkali-kali. aku terror dia. Karena anehnya sampai cukup lama nomer itu masih dia pakai, masih aktif, bahkan setelah beberapa saat aku coba sms dia lagi, dia malah menghubungi aku. Haha. Dikira aku korban yang lain yang lagi jadi operasi target terbaru kali ya...

Aku cerita di sini karena aku harap ini bisa jadi pembelajaran biar ga keulang lagi, oleh aku, ataupun oleh orang lain di luar sana. Tetap berhati-hati. Kalau memang tidak paham, jangan dilanjutkan. Lebih baik transaksi yang aman-aman saja. Okaii...


Tuesday, September 6, 2016

Hanya Sementara

Ia pernah membenci
Seperti rasanya sudah henti
Tak ingin lagi ia kenali
Yang dulu tak henti2 nya memuji
Tapi nyatanya
benci itu hanya sementara
Rasa itu kembali ada
Sedang bencinya?
Entah hilang kemana
Semesta seperti tahu dimana semestinya cinta berlabuh
Hingga ia tak rela benci itu berlabuh