Wednesday, August 3, 2016

Cerita KKN #3

Haiii..

Lanjut cerita soal KKN lagi ya. Ga kerasa ini udah masuk minggu kedua. Udah beberapa hal aku lewatin. Tsaaahhh gayanya. Cerita satu-satu ya. 

Selama KKN , kelompokku punya program kolektif yaitu bimbel. Nah kebetulan aku juga punya proker individu yaitu bimbel tentang bahasa Inggris. Ada dua masjid yang biasanya ngadain bimbel di dusun Padem tempat aku KKN. Nah di masjid yang besar, banyak anak balita, SD, SMP juga ada. Rada kuwalahan nih ngajar di sini.

Pertama aku diminta ngajarin anak SMP. Kelas 3 SMP. Pelajaran yang dia tanyain soal matematika. Mampus dalem hati aku. Udah lama ga belajar matematika kan. Pelajaran SMP mah kudu dipelajarin lagi. Akhirnya aku kudu baca ulang pelajarannya. Dan akhirnya alhamdulillah paham. Selanjutnya ada yang nanya soal sejarah kebudayaan Islam. Wakkkkkzzz ndak paham kali aku. Akhirnya aku minta tolong temen yang lebih ngerti buat gantiin aku. Dan aku gantiin dia ngajarin pelajaran berhitung dalam bahasa arab. Gubrak , sama aja ini mah kata aku. Aku Cuma ngerti sampe angka tujuh, yaitu sab’atun. Habis itu aku minta tolong lagi lah ya sama temenku buat ngelanjutin haha. Terus aku gantiin dia soal pelajaran bahasa Indonesia. Alhamdulillah wibawaku kembali lagi hahaha.
Di masjid satunya, murid-murid yang ikut bimbel udah lebih besar. Anak-anak SD kebanyakan. Jadi lebih gampang ngajarinnya. Dan aku kedapetan anak kelas 4 SD. Tapi di sini mereka ga nanya soal PR atau apa. Pertama katanya belajar matematika, tapi karena aku gatau materi matematika kelas 4 SD, dan mereka juga gatau mau belajar apa, jadi aku tawarin aja belajar bahasa Inggris. Kebetulan juga buat sekalian garap proker dong haha. Nah pas banget, mereka mau diajarin bahasa Inggris. Kata mereka, mereka belum dapet pelajaran bahasa Inggris di kelas 4 SD. Aku gatau sih ini bener engga, ada yang bilang pelajaran moral lebih penting daripada bahasa. Tapi menurutku di kelas 4 SD harusnya udah mulai tau juga sih soal pelajaran bahasa asing. Karena di usia dini, anak lebih mudah menyerap banyak bahasa. Tapi ya ga lepas juga dari pelajaran moral. Makanya aku bawa proker tentang bimbel bahasa Inggris. Karena mereka belum dapet pelajaran bahasa Inggris, aku mulai dari dasar banget. Aku bukan guru bahasa Inggris, jadi panduan nya ya jelas aku cari di internet. di hari pertama aku ngajar soal alphabet, nanya nama, warna. Aku ngajarin nya ya sambil nyanyi, biar pada seneng haha. Dan alhamdulillah beneran pada seneng. Kayaknya aku ada bakat terpendam deh jadi guru. Tapi kalo ngajarin adek sendiri kok ogah ya uweh haha. Kasian adek aku mumumu.

Di minggu kedua ini, rasa-rasanya aku yang kurang bisa bahasa Jawa jadi lebih bisa bahasa Jawa deh haha. Gimana engga, mau ga mau biar lebih keliatan sopam, biar lebih keliatan ada unggah-ungguhnya aku harus pake bahasa Jawa. Dan jawa nya jawa halus . mantaaaappp. Soalnya kebanyakan yang ngajak ngomong orang tua sih haha. Dan karena orang-orang yang aku hadapin semuanya orang baru, jadi mereka ga pada tau kalo notabene aku ga terlalu bisa bahasa Jawa. Jadi ga ada yang ngece-ngece aku jelek lah logatnya apalah apalah. Jadi aku bisa sesuka hati praktek bahasa Jawa dengan sangat teramat percaya diri haha. Terimakasih KKN terimakasih muah.

Hari Selasa sama hari Rabu adalah hari terselo. Ga ada agenda wajib. Ga ada agenda ke PAUD, ngajar TPA, ataupun Bimbel. Jadi kedua temen cewek aku akhirnya berencana turun ke Jogja. Aku tinggal sendiri deh. Aku ga ikut turun ke Jogja, karena aku ada rencana turun tanggal 10. Jadi, ga enak aja kalo turun terus ya kan. Ga enak sama yang lain, ga enak juga sama warga. Tapi karena di posko ga ada kerjaan juga, akhirnya aku keliling aja ke posko lain. Terus main-main juga ke pantai haha.

Malemnya ada undangan dari warga buat ikut pengajian memperingati 1000 hari wafatnya salah satu warga Padem. Karena habis muter-muter siangnya, lemes banget badan aku ih, rasanya pingin tidur aja. Tapi simbah bilang, “ayo ikut aja, nanti ga usah sampe selesai, biar ntar simbah ada alesan pulang duluan, simbah biar bilang , iki hlo anakku wedok wes ngantuk”. haha lucu juga sih simbah, tapi emang begitu kebanyakan orang tua. Kita sebagai anak muda ya harus ikhlas-ikhlas aja dijadiin kambing hitam haha. Akhirnya aku ikut nemenin simbah, ya itung-itung ketemu warga juga lah.

Kita jalan kaki kira-kira 100 meter jauhnya. Simbah yang udah tua menurutku masih sehat banget. Jalannya dibanding aku yang jauh lebih muda bisa jauh lebih cepet dibanding aku. Ditambah lagi, simbah bawa kayak semacem oleh-oleh gitu buat dkasih ke tuan rumah. Bawannya beras 6 kg, telur 1 kg, dan lain-lain yang berarti berat banget dong. simbah parah keren banget. Aku merasa tak ada apa-apanya. Jadi malu kalo gampang ngeluh tuh ih.

Sampe di sana, aku gabung sama gerombolannya simbah-simbah. Ya karena aku datengnya sama simbah haha. Nah, ada yang unik nih. Entah unik entah aku yang baru tau ya, jadi ada suguhannya itu rokok gitu ditaruh di gelas haha. Kumpul sama simbah, obrolannya pake bahasa Jawa, yang cepet gitu, bikin mlongo. Ga paham sama sekali, kayak bukan bahasa Jawa deh. Tapi mungkin emang bahasa Jawa nya gunungkidul beda sama bahasa Jawa di rumah.

Yang tadinya aku diajak simbah buat jadi alesan nantinya bisa cepet pulang, eh ternyata aku ditawarin buat ngikut ngaji satu juz. Ya ga enak dong kalo ga ikutan, akhirnya aku ikutan deh. Maaf ya mbah, jadi ga bisa pulang cepet hehe. Selesai ngaji aku makan suguhan semacam lemper gitu. Aku pikir isinya ayam atau tempe gitu ya kayak lemper pada umumnya. Eh setelah dimakan, aku gatau itu isinya apa, tapi rasanya manis, dan aku bener-bener ga doyan. Njuk aku bingung kan kalo ga dihabisin ga enak sama yang lain, tapi kalo dihabisin aku enek banget. That was a really hikz moment dah ah. Akhirnya aku habisin pelan-pelan sih. Dan berhasil. Yheaaahh.

Ga berhenti di situ, perut udah full karena posisinya udah makan malem kan, udah ditambah makan lemper apa itu, terus ager-ager dua, eh masih ada suguhan lagi. Dan suguhannya makanan berat. Edannnn dalem atiku. Perut kecilku mana cukup menampung semua itu. Akhirnya aku makan buat menghormati aja, tapi tetep ga kuat habisin. Alhamdulillahnya, simbah bilang, “uwis rapopo nduk ga dihabisin”. Yaudah pucuk dicinta ulam pun tiba to.

Last but not least, ini akunya yang norak apa gimana ya. Aku dikasih amplop dan aku kasihin ke simbah sebelahku. Aku pikir disalurin gitu kan. Ternyata buat aku yang udah ngaji haha. Jadi yang ikutan ngaji dikasih amplop gitu loooo. Lucu banget ya. Ya gitu, KKN banyak banget hal yang baru kita tau. Asik kok pokoknya. jangan mikir KKN itu nyeremin. Ya namanya apa-apa, pasti ada yang enak ada yang ga enaknya kan. Tapi coba deh, kita mulai liat apa-apa dari good side nya dulu. Nanti kan jadi bisa enjoy. Duh maap sok-sokan gini haha.

Yaudah gitu dulu ya..

Dadah


Titik dua bintang

No comments: