Thursday, June 16, 2016

Psikolog Gratis...

Hai

Sekarang aku mau cerita soal pengalaman aku jadi subjek penelitian salah satu mahasiswa psikologi nih.

Sebagai seroang individu, kita pasti pernah punya masalah pribadi dong. Awalnya aku ga tertarik nih jadi subjek penelitiannya dia. Karena ku pikir bakal ribet kan. Ngisi kuesioner lah, nulis lah apa lah. Tapi aku pikir lagi aku perlu bantu dia. Karena notabene dia—si peneliti adalah temenku sendiri. Ya itung-itung bantu dia lah. Namanya bantuin, pasti ada hikmahnya deh. Kayak pepatah nih, suatu saat kita akan menuai apa yang kita tanam. Tjieeeee ngomongin pepatah.

Akhirnya aku bersedia jadi subjek penelitiannya dia. Awalnya aku cukup cerita problem-problem apa aja yang aku hadapin selama ini. Terus aku juga perlu cerita soal kehidupan aku, pribadi aku, sifat aku, semuanya tentang aku. Dengan aku cerita semuanya, bukan berarti aku ga punya privasi ya. Tapi, sebagai orang yang sudah menyetujui untuk jadi subjek penelitian, aku emang haru cerita, tapi identitas aku aman sama dia tentunya.

Dari sekian problem yang aku ceritain, akhirnya dia angkat satu masalah di hidup aku yang dijadiin masalah utama penelitiannya dia. Yaitu masalah aku ketika aku mencatat semua hal di sebuah notes di HP. Ya kayak to-do-lists gitu deh. Ini jadi masalah karena menurut dia seharusnya aku ga perlu mencatat hal-hal kecil kayak makan, solat, mandi, dan lain-lain yang ga mungkin kita bakal lupa. Iya. Emang aku nyatet semua hal-hal kecil tadi, bukan karena lupa, aku inget, tapi biar lebih terorganisir aja, biar apa yang aku lakuin bisa urut dan ga ada yang kelewat satupun.

Tapi ini jadi masalah juga karena aku nyatet nya di HP, dan ini bikin aku ketergantungan sama HP. Orang-orang yang belum kenal aku pasti ngira kalo aku anak gadget banget. Ga bisa lepas dari HP. Padahal ya, aku pegang HP itu bukan karena main yang ga jelas gitu, tapi semata-mata karena ngecek to-do-lists aku berulang-ulang. Walaupun dengan notes aku ngerasa hidup aku bisa terorganisir, tapi aku jadi ketergantungan sama mesin, aku ga ngebiarin otak aku bekerja untuk nginget-nginget apa yang harus aku lakuin. Makanya temen aku—si peneliti nyaranin aku untuk berubah jadi lebih baik pastinya.

Aku setuju. Metode aku selama ini, entah dari kapan, aku nyatet semua hal di notes, aku ga pingin lagi kayak gitu. Aku ga pingin lagi ketergantungan sama teknologi. Akhirnya dengan segala terapi, bukan terapi yang gimana-gimana ya, maksudnya ya metode yang di saranin temen aku, aku bisa sedikit berubah.

Motivasi dalam diri itu penting banget. Motivasi aku untuk berubah ya karena aku ga pingin lagi ketergantunga. Temen aku nyaranin aku buat cari tau dulu kenapa aku pake metode nyatet di notes gitu. Akhirnya ketemu, masalahnya dalah aku khawatir kalo suatu hal ga berjalan mulus, aku khawatir ada hal yang ga aku lakuin di hari itu. Padahal setelah ditelusuri, kalo aja aku ga nyatet, semua juga baik-baik aja. Akhirnya aku termotivasi untuk ga terlalu nyatet hal-hal kecil yang sekiranya aku ga bakal lupa. Karena akhirnya aku tau, kalo orang lain aja bisa hidup tanpa notes, kenapa aku engga. Temen aku juga ngeyakinin aku, kalo sebenernya ingatan aku tu baik-baik aja, ga ada masalah sama sekali, bahkan bagus. Jadi ya akhirnya aku yakin deh buat berubah. Tapi aku ga berubah sepenuhnya sih. Aku masih nyatet, tapi yang penting aja, yang sekiranya aku mungkin lupa, dan kalo aku lupa bakal fatal.

Nah. Itu dia. Berawal dari membantu teman. Ternyata banyak manfaat yang bisa aku dapet. Aku bisa berubah buat lebih bisa menggunakan ingatan sendiri daripada bantuan teknologi. Aku bisa lebih yakin sama diri aku sendiri. Bener kan, membantu itu pasti manfaatnya balik ke kita lagi. Itung-itung konsultasi psikolog gratis juga haha.

Gitu aja dulu yaw. Dadah.


Titik dua bintang

No comments: