Thursday, June 16, 2016

Jadi Project Leader?

Hai..

Kali ini aku mau cerita soal pengalaman pertama aku jadi project leader di salah satu event .
Jadi, event ini adalah event bentukan kelompok aku buat tugas akhir salah satu mata kuliah event management gitu. Di mata kuliah ini, kita disuruh bikin event organizer  kecil-kecilan. Satu angkatan jadi tiga kelompok nih. Terus kelompok aku ada 12 anggota. Kelompok aku ngehandle event Stand up Show, battle of comic gitu. Jadi di event kita ada 12 comica dari komunitas-komunitas stand up di Jogja. Terus mereka battle gitu dijuriin sama Hifdzi Khoir. Tau kan Hifdzi Khoir. Itu loh, komika yang besar pokoknya haha.

Tapi di sini aku ga mau ceritain soal event nya ya. Di sini aku mau cerita soal pengalaman aku jadi project leader. Seriously, ini kali pertama aku jadi project leader. Sumpah buntu banget aku harus ngapain pertama kali. Stres berhari-hari. Aku masih ga terima dijadiin project leader sama anak-anak. Lebay ya? Emang iya. Tapi ya kenyataannya gitu. Namanya juga cewek kan. Baperan. Jadi ya maklum aja lah hehe. Aku bener-bener ga mau dijadiin ketua apa lah itu. Tapi yang lain pada ga mau. Dan itu udah keburu waktu buat nyetorin daftar panitia gitu. Akhirnya aku dibujuk buat jadi ketua formalitas aja. Ya udah sih akhirnya aku mau. Tapi kenyataannyaaaaaaa, teteup akhirnya aku yang dijadiin project leader. Maksudku tuh ya, aku kan sama sekali ga ada pengalaman jadi ketua. Aku biasanya jadi anggota. Ya harusnya mah naik jadi koordinator dulu lah, jangan langsung jadi ketua. Ya kan. Beban gitu ih buat aku.

Aku linglung banget ga tau mesti ngapain pertama kali. Aku stres berhari-hari. Aku emang gampang stres orangnya. Ada salah dikit sama siapa aja aku langsung ga enakan. Sedih. Sampe mimpi buruk. Hehehehhe engga deng, eh iya deng, eh ga tau ah. Tapi akhirnya aku bangkit. Huahahahahhahaha. Karena aku pikir-pikir kalo ngeluh mulu juga ga selesai-selesai kan, ga ngaruh, ga guna. Maapin zok bijak.

Akhirnya aku mulai nanya-nanya tuh sama siapapun yang punya pengalaman soal jadi ketua, maupun yang ga ada pengalaman. Pokoknya semua-muanya aku tanyain gimana ya aku harus bersikap haha. Akhirnya dengan berbagai macam pendapat aku mulai jalanin tuh kehidupan aku yang baru. Aih jijay bahasa ai. Ya pokoknya aku jalanin aja jadi project leader. Aku ga tau ya gimana bagusnya jadi project leader tuh. Tapi di sini aku bakal share apa yang aku lakukakn kemaren selama jadi project leader.

Jadi pertama-tama, aku bagi job desk tiap orang.  Kemaren sih kelompok aku dibagi dengan beberapa tugas. Ada project leader, sekretaris, bendahara, seksi acara, seksi PDD, seksi sponsorship, seksi perlengkapan, dan seksi konsumsi. Karena kita bukan EO (event organizer) beneran, kita kerjanya borongan, tapi teteup punya tanggung jawab masing-masing. Kita ga pernah lupa rapat rutin, supaya kita tahu kita udah sampe mana kemajuannya, terus apa aja kekurangannya, apa aja problem yang kita hadapain, dan lain-lain. Pokoknya rapat itu penting lah. Jangan sampe ada miss-communication satu sama lain.

Jangan lupa bikin timeline buat patokan deadline-deadline pekerjaan-pekerjaan apa yang harus diselesaikan di tanggal-tanggal tertentu. Untuk seksi acara, mereka harus bagi job desk tiap anggota saat event berlangsung. Ada time keeper, LO, konsumsi, dan lain-lain. Sebagai ketua, kita harus selalu mengawasi proses event. Kita harus bisa menemani anggota kita kalo mereka emang butuh bantuan kita untuk ditemani. Ga gampang emang. Aku juga sempet ngeluh sih, masa apa-apa harus aku haha. Tapi akhirnya salah satu temen aku yang aku curhatin soal ini, dia bilang. Itulah tugasnya ketua. Ya akhirnya aku pahami aja. Ga boleh ngeluh pokoknya.

Ada gesekan satu sama lain itu wajar-wajar aja. Ada beberapa yang iri-iri an. Ngerasa udah kerja banyak tapi satunya belum. Ya sebagai ketua sih harusnya sih kita ga memihak ya. Aku juga sebagai individu ga suka da konflik. Jadi ya aku bisanya iya-iya aja kalo ada masukan dari temen-temen aku haha. Jadi penengah lah intinya. Walaupun tetep sebagai individu aku pasti ada salahnya lah. Sempet beberapa kali aku juga baper, sedih, kesel kalo ada yang ga sesuai sama kerjaan hehe.
Tapi jujur, aku ga cocok jadi ketua. Aku ga bisa tegas. Aku ga enakan orangnya. Pernah ya aku tegas sesekali, terus habis aku tegasi, eh aku minta maaf sama dia kalo kata-kata aku mungkin terlalu keras hahaha. Duh pokoknya aku ga mau lagi jadi ketua haha. Tapi ya yang udah lewat ga boleh disesali kan. Aku ambil aja hikmahnya. Pasti ada pelajaran yang aku terima selama aku jadi project leader itu. Uweeeeeeyyyy.

Gitu aja ya. Hehe. Dadahhh.


Titik dua bintang

No comments: