Tuesday, January 16, 2018

Duh skripsi? Selow aeee

Hai, udah lama banget ga nulis setelah skripsi. Gara-gara skripsi ini membuatku muak dengan berbagai tulisan haha. Istirahat sejenak deh dari hal2 yang berbau tulisan. Tapi sempet sih kemaren2 aku ikut lomba2 gitu, ya yang ada deadline mah digarap dulu hehe. Blog jadi nomer kesekian deh. 

Banyak banget cerita yang udah aku lewatin sejak terakhir aku cerita di blog, yang belum sempet aku ceritain. Jadi bingung eh mau mulai darimana haha. Dari skripsi aja kali yaa..

Well, skripsi dari dulu jadi momok buat aku. Dulu aku ga pernah nyangka akan sampai pada tahap skripsi. Liat skripsi tu rasanya serem banget. Kayak ga mungkin aja gitu aku bisa menyelesaikan skripsi. Membuat tulisan setebal skripsi. Aku emang nulis di blog, cuma kadang aku sering mikir kalo hobi nulis aku tu cuma dipaksakan. Aku kayak merasa tidak sanggup kalo ngerjain skripsi haha. Tapi yaudahlah ya, aku pikir ini adalah salah satu tahap juga dalam kehidupan. Setiap rintangan kemaren2 aja akhirnya aku lewatin, aku pikir skripsi kenapa engga kulewatin juga. Pasti bisa lah ya. Orang2 selama ini pun bisa. Akhirnya aku mulai lah skripsi itu.

Berawal dari cari judul. Aku deg2an banget awalnya. Aku paling ngerasa susah kalo cari ide gitu. Akhirnya setelah jadi pembahas di salah satu seminar proposal kakak tingkat ku, dan gatau kenapa ya alhamdulillah pada saat itu aku juga lagi tertarik sama makeup things haha. Dan akhirnya tercetuslah judul skripsi aku dari situ. Februari 2017 aku coba konsultasi dan alhamdulillah sekali konsultasi langsung acc judul. 

Nahh yang paling berat dalam skripsi sebenernya bukan ngerjainnya, tapi memulai untuk mengerjakannya. Sebenernya kalo udah ada niat buat nulis, ngelarin skripsi tu bisa cepet banget, tapi penyakit malesnya bener2 hakiki . Aseliiiiii. Ga pernah ngerasa semales itu. Solusi nya sih menurut aku, kalian harus punya deadline sendiri, supaya ada trigger juga buat diri sendiri. Aku nyelesein proposal skripsi aku aja sampe 3 bulan. Itu udah di sambi2 ya, disambi males, disambi main, di sambi blaem blaem pokoknya. Aku fokus ngerjain pun di bulan ketiga nya. Saat itu yang jadi trigger aku adalah temenku satu perjuangan skripsi, mereka udah seminar duluan. Waktu itu aku langsung ngerasa aku tu sampah banget, gagal dan segala dilema lainnya haha. Akhirnya aku buru2 fokus skripsi nyelesein proposal aku biar bisa cepet seminar. Akhirnya mei aku seminar.

Setelah seminar, ya begitulah. Malas menjangkit lagi, dipotong puasa, dipotong libur lebaran. Akhirnya dua bulan udah lewat, ga kerasa banget haha. Setelah itu aku coba buat mulai lagi, karena aku ngejar wisuda november. Yang mana artinya aku harus sidang agustus. Aku kejar selesein skripsi aku dalam sebulan. Dan alhamdulillah selesai juga. Detik2 terakhir, eh hari2 terakhir sih wkwk, mepet sama deadline sidang, rasanya kejar2an banget. Kalo kalian ga suka dikejar waktu, aku saranin jangan mepet2 kalo ngerjain, it really drives you mad, like really. Akhirnya aku berhasil dapet tanggal sidang 3 hari sebelum deadline sidang terakhir yang dibolehin wisuda november. 

Hari H sidang, aku ga pernah se grogi itu dalam hidup. Antara mau muntah pingin pingsan tapi laper tapi mau mati ga jelas gitu lah. Setelah masuk ruang sidang, semua groginya aku ilang gitu aja aseliii. Biasa aja. Ga seserem yang aku pikir. Terus aku kayak nyesel2 gitu udah gerogi parah kayak tadi. Nyesel beneran loh haha. Jadi jangan grogi2 ya kalian besok yang hendak sidang. Keinget kata dosen aku, lupa dosen yang mana haha.. itu skripsi kita, yang lebih ngerti ya kita, harus pede sama skripsi kita. Oh oke.. aku pasti bisa lah aku bilang dalem ati wkwk. 

Sidang selesai rasanya lega bangeet. Walaupun revisian skripsi menunggu. Tapi untuk hari itu, udah cukup skripsinya. Besok2 aja lagi mikirnya haha. Karena keburu deadline yudisium, tetep harus cepet diselesein sih, akhirnya aku selesein dan dapet acc. Detik2 terakhir gatau kenapa dosen2 yang bersangkutan sm skripsiku, pada susah bgt diketemuin. Huhu pingin nangis, udah nangis sih haha. Pokoknya kalo gamau stres, please banget kalian jangan mepet deadline. Karena ada aja hal2 di luar dugaan :(. Tapi ya semua itu udah harus dijalanin sih. Dan skripsi akhirnya kelar 6 bulan, tp itu tanpa fokus ke skripsi ya. Andai kalian bisa lebih fokus, yakinlah skripsi kalian bisa lebih cepet kelar. Kudu semangat, ga boleh kendor, kudu teguh, kudu yaqinnn. Goodluck okay :)


No comments: