Saturday, June 11, 2016

Kenapa Nulis Lagi?


Hai...

Emang udah lama banget nih aku ga buka blog. Sampe sawangen. Sawangen itu istilah Jawa, artinya banyak jaring laba-labanya, kalo ga salah sih wkwk. Aku emang dari dulu dibilang susah ngomong Jawa, padahal lahir di Jawa gede di Jawa, tapi sih aku tetep pede aja ngerasa bisa bahasa Jawa haha. Eh emang bisa kok. Percaya deh. Tapi logat emang aku akuin rada susah sih. Tapi buat aku logat ga sepenting struktur bahasanya ah haha.

Eh lupain soal itu. Kenapa aku tiba-tiba pingin update blog lagi? Tau ga? Gatau ya? Yaudah sih kalo gatau, tulisan aku selesai aja sampai di sini. Ah bapeeeer.

Gak gak gak... tenang tenang... aku tetep mau nulis kok. Jadi aku nulis lagi soalnya aku terinspirasi sama salah satu dosen aku, namanya Pak Rama Kertamukti.

Jadi, pada suatu hari, berkumpullah mahasiswa-mahasiswi Ilmu Komunikasi salah satu Universitas Jogja di salah satu ruangan. Mereka dikumpulkan tentunya tidak tanpa alasan. Mereka berkumpul untuk satu alasan yang sama. Yaitu, pembekalan KKK (Kuliah Kerja Komunikasi), atau umumnya dikenal dengan sebutan magang.

Kami semua ikut pembekalan magang dari pukul 07.30 – kira-kira pukul 15.30. beberapa dari kami ada sih yang telat, bukan beberapa deng, tapi banyaaaaak. Aku aja yang kerajinan, aku lupa kalo pembekalan kan bukan kuliah, telah mah gapapa. Tau gitu mah tidur lagi di rumah—fyi ya, ini kan bulan puasa, ya wajar aja kan kalo pagi-pagi tidur lagi, bukannya kebo. Tapi gak boleh nyesel dong.

Pembekalan magang diawali pembukaan oleh pak Bono. Terus dilanjutin sama Pak Siantari yang bahas soal etika bekerja. Terus akhirnya tiba saatnya pak Rama mengisi pembekalan. Aku belum pernah diajarin sih sama pak Dosen satu ini. karena emang konsentrasi aku adalah Public Relations, sedangkan pak Rama saat ini nge-handle wilayah advertising. Untuk pertama kalinya aku lihat Pak Rama ngajar, dan saat itu juga aku ngerasa ya pak Rama emang asik orangnya.

Pak Rama ngisi pembekalan tentang wilayah ­advertising. Tapi ada beberapa materi umum yang dimasukin. Salah satunya kita sebagai mahasiswa ilmu komunikasi, kita harus punya portfolio untuk diajukan saat kita mau melamar magang. Karena itu bakal jadi senjata kita untuk dilihat oleh perusahaan-perusahaan. Kita juga harus perhatian nih sama isi sosial media kita. Karena sosial media kita secara tidak langsung adalah cerminan diri kita. Kalo isi sosial media kita hal-hal yang ga penting semua, kayak misalnya galau-galauan, foto sama makanan, atau apalah, gimana perusahaan mau lihat kita sebagai pribadi yang baik kan. Itu salah satu cara menciptakan personal branding kita kawan. Uhuydeeee.........

Terus pak Rama nunjukin beberapa blog orang-orang yang nulis soal pengalaman mereka saat magang. Nahhhhh, ini dia yang bikin aku pingin nulis blog lagi. Mereka ngajarin aku bahwa apa aja tu bisa jadi ilmu buat orang lain. Mungkin saat mereka nulis mereka ga kepikiran bahwa tulisan mereka soal pengalaman mereka saat magang tu bermanfaat banget buat mereka yang pingin magang. Gimana caranya menghadapi bos, terus karyawan tetap di perusahaan itu, apa-apa aja deh. Kayak yang orang-orang bilang—Pengalaman kita adalah guru terbaik, tapi pengalaman orang lain adalah lebih baik lagi.

Akhirnya aku pingin nulis lagi. Aku pingin nulis soal pengalaman-pengalamanku, apapun pengalamannya—kalo mood nulis sih haha. Walaupun aku gatau pengalaman aku kalo ditulis bakal bermanfaat ga buat orang lain haha.Meskipun tulisan aku ga keren-keren banget sih, tapi seenggaknya aku udah mencoba untuk menulis. Practice makes perfect, right? Dan meskipun ga bermanfaat buat orang lain, senggaknya buat aku sih bermanfaat. Kayaknya sih haha. Iya kok bermanfaat, buat nostalgia, terus buat ngasah writing skill kamu, buat bandingin tiap tulisan kamu tu udah ada peningkatan belum, dan lain-lain lah. Percayalah, setiap apapun pasti diciptakan itu tidak sia-sia kok. Soooo, let’s get started. Mulai isi blog lagi, semoga aku bisa menjaga mood nulis aku yaaa...

Sampe sini dulu sekarang...

Bye byeeee

Titik dua bintang

No comments: