Tuesday, May 2, 2017

Senyum Merubah Hari



Pernahkah kalian ketika melihat orang lain tersenyum entah siapa orang tersebut, lalu hari kalian pun ikut menjadi menyenangkan? Benar. Senyum memiliki kekuatan tersendiri untuk merubah harimu. Banyak orang yang tidak sadar akan hal ini. Dunia kita semakin maju membuat orang semakin jarang berinteraksi dengan sesama di dunia nyata. Padahal jika mereka mau mengerti, senyum mereka bisa saja merubah hari seseorang.  Banyak orang masa kini mengumbar senyum mereka hanya di layar, namun pada nyatanya mereka tidak sambil tersenyum. Sungguh ironis memang.
Dengan tersenyum, energi positif dapat terpancar dan tertular kepada orang lain. Ketika hari terasa berat, cukup berikan senyuman pun mereka akan merasa ada yang berempati denganny dan hari pun terasa lebih indah.  Namun sebaliknya, ketika seseorang yang berkomunikasi dengan kita tanpa menunjukkan senyumnya, bisa saja kita merasa malas berhadapan dengan orang tersebut. Benar, senyum memang dapat merubah hari kita. Senyum itu mudah, sederhana, siapa saja bisa melakukannya. Entah kenapa banyak orang yang kurang memperhatikan hal ini.Hal sederhana seperti senyuman dapat memberikan kekuatan yang tidak terkira dibanding senyuman yang diberi. Terkadang mereka lupa tersenyum karena mereka merasa lelah dengan hari yang mereka lalui. Padahal jika kita melalui hari itu dengan bersungut-sungut, hari justru akan terasa lebih berat. Bukankan lebih baik kita saling berbagi senyuman? Dengan begitu, dunia akan lebih baik dan bersinar dengan senyuman-senyuman yang bertebaran.
Memang orang-orang kebanyakan belum sadar akan arti senyuman yang diberikan mereka kepada orang lain. Maka dari itu, alangkah baiknya kita sesama manusia mengingatkan saudara kita. Banyak dari para pekerja di luar sana lupa untuk tersenyum karena pekerjaan mereka yang berat. Kita yang berinteraksi dengan mereka kadang merasa malas dengan sikap seperti itu. Kemudian kita justru tertular menjadi malas. Lalu kita menularkan lagi energi negatif tersebut ke orang lain. Begitu seterusnya. Bukankah hal tersebut akan merugikan dunia. Mengapa tidak kita mulai dengan mengingatkan orang tersebut untuk tersenyum. Ingatkan mereka dengan kata-kata yang indah pula. Bukan dengan kata-kata yang penuh emosi.  Pujian akan lebih baik daripada dengan emosi.
“Senyum itu sedekah”.. Kalimat ini begitu sederhana namun memiliki makna yang sangat dalam. Sedekah adalah amalan yang baik. Sedekah adalah memberi sesuatu kepada orang lain dan mendapatkan pahala. Lalu senyuman? Hanya dengan tersenyum kita bisa juga bersedekah dengan sesama. Betapa menyenangkan hanya bermodal senyum yang sederhana itu, kita bisa juga bersedekah. Bersedekah tidak perlu mahal, cukup dengan senyuman pun kita bisa bersedekah. Bayangkan jika senyuman kita dapat merubah hari seseorang menjadi lebih berarti. Semua hal akan menjadi lebih indah jika dilakukan sembari tersenyum.

Berawal dari bangun di pagi hari, kita mulai hari kita dengan tersenyum. Senyum akan membangun energi positif dari diri kita. Jika di pagi hari saja ada hal yang membuat tidak senang, hari tersebut akan berubah menjadi buruk karena di pagi hari kita mulai mesugestikan hari itu menjadi buruk. Maka mulailah hari dengan tersenyum, berikan senyuman kita pada orang-orang di rumah. Rumah akan terasa lebih cerah dengan kita yang saling berbagi senyuman. Keluar dari rumah berikan senyuman pada tetangga, balasan senyuman dari tetangga akan menambah energi positif ada pada diri kita. Berbagi senyuman itu berarti berbagi energi positif untuk merubah hari menjadi lebih indah. Hari yang indah untuk dunia yang lebih baik.

No comments: